Rabu, 20 Februari 2008

Duo Inggris

Gerrard-Drogba-AFPBerita Bola: Jakarta - Hasil leg pertama perdelapanfinal Liga Champions membuat dua klub Inggris memiliki prospek cerah untuk lolos ke perempatfinal. Lalu, bagaimana nasib klub-klub wakil negara lainnya, khususnya Italia?

Di antara delapan klub yang terlibat pertarungan seru pada Rabu (20/2/2008) dinihari WIB tadi, Liverpool adalah tim yang meraih hasil paling positif. The Reds unggul 2-0 atas Inter Milan berkat gol-gol Dirk Kuyt dan Steven Gerrard di akhir laga.

Sepertinya, terlalu berlebihan bila dikatakan satu kaki Liverpool sudah berada di delapan besar. Inter bukanlah tim yang akan menyerah begitu saja. Dengan leg kedua akan dimainkan di Stadion Giuseppe Meazza, 11 Maret, Inter tetap memiliki peluang untuk membalas seperti yang telah mereka lakukan 43 tahun silam.

Tapi ketertinggalan 0-2 juga bukan hal yang bisa dikejar Inter dengan mudah. I Nerrazzuri tampil buruk malam tadi. Kekalahan Inter sebetulnya sudah terbayang saat Marco Materazzi diusir wasit di babak pertama.

Hasil ini menebalkan status Liverpool sebagai tim spesialis Eropa. Prestasi mereka di Liga Inggris dan Piala FA boleh jauh dari mengesankan, tapi Eropa adalah lahan bermain yang diakrabi oleh Steven Gerrard dkk.

Satu tim Inggris lainnya, Chelsea, memetik hasil seri 0-0 menghadapi tuan rumah Olympiakos Piraeus. Hasil ini sebetulnya cukup mengecewakan mengingat The Blues sudah memainkan lagi striker andalan mereka, Didier Drogba.

Namun hasil ini bisa juga berarti positif karena di leg ke-2 yang bakal dihelat pada 4 Maret, Chelsea akan mengambil peran sebagai tuan rumah. Posisi bermain di kandang tentu akan dimaksimalkan oleh tim racikan Avram Grant ini. Apalagi mengingat mereka tinggal membutuhkan kemenangan 1-0 untuk melaju.

Bila Inter ditekuk Liverpool, maka satu lagi wakil Italia, AS Roma, justru memetik hasil gemilang dengan mengalahkan Real Madrid 2-1 walau sebelumnya sempat tertinggal lebih dulu. Ini adalah kemenangan pertama Roma atas Madrid dalam empat pertemuan di Stadion Olimpico Roma.

Meski unggul, Roma harus tetap waspada saat melakoni returning leg. Pengalaman tim sekota mereka, Lazio, yang diremukkan Madrid 1-3 di Santiago Bernabeu saat fase grup harus jadi pelajaran berharga bagi Francesco Totti cs.

Madrid adalah pemegang rekor juara Liga Champions dengan sembilan tropi. Ini menunjukkan bahwa Los Blancos adalah tim yang memiliki mental juara di Eropa. Apalagi, tim besutan Bernd Schuster itu tinggal menang 1-0 untuk bisa lolos.

Satu partai tersisa adalah antara Schalke 04 kontra FC Porto yang kemudian dimenangi oleh Schalke dengan skor tipis 1-0. Posisi Schalke belum aman karena harus ganti bertandang ke markas Porto di pertemuan kedua nanti.

Porto, jawara Liga Champions 2004, harus memaksimalkan dukungan di kandang. Faktor pendukung bahwa inilah kiprah perdana Schalke di fase knock-out Liga Champions bisa membuat Porto terlecut dan membalikkan keadaan untuk lolos ke perempatfinal.

0 komentar:

Powered by Beritabola.com